Bagi kebanyakan orang, mengonsumsi suplemen adalah hal yang biasa. Banyak produk suplemen yang menjanjinkan dapat meningkatkan kondisi kesehatan dan mencukupi kebutuhan nutrisi harian konsumennya. Bahkan ada yang menjual dan meng-klaim sebuah suplemen yang dapat meningkatkan performa diatas ranjang. 

Namun apakah benar Suplemen dapat meningkatkan performa serta kualitas seks seseorang? ataukah ini hanya sebuah tehnik marketing sebuah produk?. Kali ini BantuanSehat akan membahasnya untuk anda.

 

Suplemen dapat meningkatkan performa seks? Fakta atau Hoax?

Beberapa suplemen nyatanya memang dapat meningkatkan kualitas serta performa diatas ranjang, namun tidak ada suplemen apapun yang dapat memberikan hasilnya secara instan.

Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi suplemen tertentu coba cari tahu dulu informasi yang lengkap mengenai batas aman dan potensi risiko yang mungkin terjadi.

Jika perlu, selalu konsultasikan kepada dokter sebelum anda mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk seks. Pasalnya, suplemen ini memiliki kemungkinan untuk mengganggu efek dari obat lain yang mungkin sedang anda konsumsi.

Meskipun membutuhkan waktu, nyatanya memang ada beberapa suplemen yang bermanfaat untuk meningkatkan performa di ranjang dan bikin seks tahan lama. Berikut berbagai suplemen yang bisa membantu meningkatkan kualitas seks anda dan pasangan.

Suplemen untuk pria

Suplemen untuk pria

• L-arginin

L-arginin adalah asam amino semi-esensial yang diproduksi oleh tubuh. Di dalam tubuh, senyawa ini akan berubah menjadi Oksida Nitrat. Dilansro dari -Everyday Health, L-arginin dapat melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah sehingga dapat membantu mengobati disfungsi ereksi.

Namun, suplemen ini memiliki beberapa efek samping yang dapat terjadi seperti: Kenaikan gula darah, Tekanan darah rendah, Masalah pencernaan, Ketidakseimbangan elektrolit tubuh, dan menimbulkan alergi pada penderita asma. 

• Panax ginseng

Panax ginseng (ginseng Korea) dapat membantu meningkatkan kemampuan ereksi pria. Hal ini didasari oleh penelitian yang diuji dengan memberikan pria dosis panax Ginseng sebanyak 900 hingga 1.000 mg dalam dua hingga tiga kali sehari.

Namun sayangnya suplemen yang satu ini dapat menyebabkan insomnia. Sehingga, tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita insomnia.

• Niacin (vitamin B)

Niacin adalah vitamin B yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Dilansir dari -WebMD, pria yang memiliki kadar kolesterol tinggi dan memiliki kasus disfungsi ereksi sedang hingga berat telah mengalami perbaikan kondisi setelah mengonsumsi 1.500 mg niacin selama 12 minggu.

Suplemen untuk Wanita

Suplemen untuk wanita

• Maca (Ginseng Peru)

Maca atau ginseng peru dapat digunakan sebagai salah satu suplemen seksualitas untuk wanita. Jika Anda mengalami penurunan gairah seksual akibat mengonsumsi antidepresan, maka meminum suplemen maca kemungkinan besar dapat membantu anda.

Namun obat ini sangat tidak disarankan bagi penderita kanker maupun yang sensitif akan estrogen tambahan, karena suplemen ini dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh.

• Zat besi

Tubuh yang kekurangan zat besi biasanya kurang memiliki gairah, termasuk gairah seksual dan kemampuan untuk mencapai orgasme. Oleh karena itu, para ahli kemudian melakukan penelitian dengan memberikan suplemen zat besi pada wanita yang memiliki asupan sedikit akan zat ini.

Hasilnya, para wanita ini merasakan adanya peningkatan gairah seksual setelah mengonsumsi cukup zat besi. Namun, usahakan untuk mengambil dosis yang sesuai karena terlalu banyak zat besi juga berbahaya untuk kesehatan anda.

• Tribulus Terrestris

Tribulus terrestris adalah tanaman asal Mediterania. Biasanya orang menggunakan buah, akar,dan daunnya sebagai obat. Dalam sebuah penelitian, wanita dengan gangguan gairah seksual yang mengonsumsi 7,5 mg suplemen tanaman ini selama 4 minggu akan mengalami peningkatan gairah, lubrikasi, orgasme, kepuasan, hingga berkurangnya rasa sakit saat berhubungan seksual.

Jika Anda ingin membeli suplemen-suplemen di atas, pastikan suplemen tersebut sudah terdaftar di BPOM untuk memastikan keamanan kandungan dari produk suplemen. Ini merupakan hal penting agar anda terhindar dari obat-obatan yang dapat membahayakan kesehatan anda. Jika anda ragu, silahkan berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *