Setiap obat yang akan anda konsumsi baik dari resep dokter ataupun dijual bebas, pasti memiliki dosis dan jadwal minum yang harus anda patuhi agar obat dapat bekerja secara maksimal. 

Jika anda menerima anjuran meminum obat 3 kali sehari, bagaimana anda akan membagi waktunya? apakah pagi, siang dan malam?

Perlu diketahui, bahwa pembagian waktu meminum obat tiga kali sehari tidak sesederhana itu, dan cara diatas sebenarnya kurang tepat.

 

Aturan yang Tepat Meminum Obat Tiga Kali Sehari

Memang benar, maksud dari anjuran meminum obat tiga kali sehari adalah dalam sehari anda harus minum obat sebanyak tiga kali, namun meminumnya dengan membagi waktu “pagi, siang dan malam” adalah cara yg kurang tepat.

Dilansir dari, dr. Anis Kurniawati, PhD, SpMK(K), sekretaris Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba (KPRA) dari Kementerian Kesehatan, cara membagi waktu minum obat tiga kali sehati yang tepat adalah per 24 jam. Artinya, Anda harus minum obat setiap 8 jam sekali dalam sehari.

Misalnya, obat pertama yang anda minum dimulai pukul 7 pagi, maka obat kedua harus anda minum pukul 3 sore, lalu obat terakhir harus anda minum pukul 11 malam. Jadi tidak hanya berdasarkan “pagi, siang, dan malam” saja.

Sangat penting mengikuti aturan yang tepat dalam mengonsumsi obat, karena aturan frekuensi meminum obat dibuat berdasarkan proses penyerapan obat dalam tubuh.

Untuk beberapa jenis obat tertentu, jadwal minum memang harus benar-benar diperhatikan karena dosis konsentrasi obat harus tetap ada terus-menerus di dalam darah. Jika konsentrasi obat menurun, maka efektivitasnya melawan penyakit dapat ikut menurun.

Jika suatu hari anda lupa untuk meminum obat anda, sedangkan waktu sudah akan masuk ke waktu selanjutnya untuk minum obat, maka tidak perlu khawatir, minum lah obat anda saat itu juga.

Kemudian untuk waktu minum obat selanjutnya, anda dapat menyesuaikannya lagi dengan delapan jam setelahnya, atau delapan jam waktu terakhir anda minum obat.

Intinya, jangan pernah melewatkan satu waktu minum obat anda, dan memilih untuk meminum dua dosis obat sekaligus dalam satu waktu juga sangat tidak dianjurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *